Senin, 14 Juni 2010

Potret Pedagang Makanan Tradisional yang Semakin Maju

Daftar warga pedagang makanan tradisional yang memperoleh pinjaman bergulir PNPM Mandiri Perkotaan [Dok. KMW Jabar, PNPM Mandiri Perkotaan]Berawal dari keterampilan yang dimiliki saat membantu usaha orang tuanya, tepatnya sejak tahun 2004, Siti Romlah (39 tahun) memulai usaha produksi makanan tradisional Sunda, seperti ali agrem dan awug dengan omzet kecil-kecilan di rumah yang disewa dan ditempatinya bersama kedua anaknya.

Modal pertama yang dimiliki warga Portal 2 RT04/RW06 Kelurahan Pasir Endah, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung ini sebesar Rp500.000 dari pinjaman bergulir P2KP, yang dipinjamnya bersama warga lain yang tergabung dalam KSM Roosbrand.

Pada 31 Agustus 2008, Romlah dan lima warga lainnya membentuk KSM NURI dan diberi kepeercayaan meminjam dana P2KP dari UPK BKM sebesar Rp4,9 juta. Sebagai anggota KSM, Romlah mendapatkan pinjaman Rp500.000, yang kemudian digunakan untuk menambah modal.

Romlah, pedagang makanan tradisional yang berhasil meraih omzet bulanan hingga Rp30 juta, berkat pinjaman bergulir PNPM Mandiri Perkotaan [Dok. KMW Jabar, PNPM Mandiri Perkotaan]Usai meminjam, Romlah menambah jenis makanan tradisional menjadi 32 jenis makanan. Hal ini disertai dengan menawarkan jenis paket makanan yang disajikan dalam wadah atau nyiru (bahasa Sunda). Untuk acara arisan atau rapat yang bisa dipesan dua hari sebelumnya.

Guna kelancaran usaha ini, Romlah dibantu oleh dua anaknya. Sedangkan pemasaran dilakukan di Pasar Ujungberung, Pasar Cileunyi dan Jalan Cipadung Cibiru. Selain itu Romlah juga menerima pesanan di rumahnya. Dari usaha ini Romlah mendapatkan omzet penjualan hingga Rp1 juta per hari atau Rp30 juta per bulan, sehingga pendapatan bersih yang dimilikinya adalah sebesar Rp18 juta per bulan. (Tim KMW Provinsi Jawa Barat, PNPM Mandiri Perkotaan;Firstavina)

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan Kelurahan Pasir Endah, silakan hubungi:

BKM Pasir Endah
Kantor Kelurahan Pasir Endah
Jl. Simpay Asih No. 8, Kecamatan Ujungberung
Kota Bandung

Contact Person:
Bu Hikmat (UPK), Tlp. 022-92553548

1 komentar:

  1. nah seperti ini yang perlu dicontoh,,,,hanya dengan modal Rp.500.000,,bisa ber omzet Rp.1 jt per hari,,,bagaimana dengan yg dikarangsatria,,,???

    BalasHapus